Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah, Baca doa dan Introspeksi

Selamat tahun baru islam 1 Muharram 1439 Hijriyah semoga ditahun esok amalan-amalan kita lebih baik lagi, aamiin. Begitu saya mendapatkan ucapan dari teman dan keluarga melalui pesan singkat, disertai dengan foto atau gambar ucapan.
Pada pergantian tahun baru islam ada amalan doa yang biasa dibaca yaitu doa akhir tahun dan doa awal tahun, adapun bacaan do'anya adalah sebgai berikut.

Selamat tahun baru islam 1439 hijriyah, baca doa dan introspeksi

Doa Akhir tahun :
"Bismillahirrahmanirrahiim,

Alhamdulillahirabbil alamiin. Washalallaahu 'alaa sayyidina Muhammadin wa 'alaa aalihii wa shahbihii wa salam.

Allahumma maa 'amiltu fii haadzihis sanati mimmaa nahaiatanii 'anhu falam atub minhu walam tardlahu walam tansahuu wahilmta 'alayya ba'da qudratika 'alaa uquubaati wada'autanii ilattaubati minhu ba'da jaraatii 'alaa ma'shiyatika fainni astaghfiruka faghfirli.

Wamaa 'amiltu fiihaa mimma tardlaa-hu wawa'adtanii 'alaihits tsawaaba fa as alukallaahumma yaa karimuu ya dzal jalaa-li wal ikraami an tataqobbalaahu minnii wala taqtha' rajaa-ii minka ya kariim. Washalllallahu 'alaa sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'alaa 'aalihi wa shahbihii wa sallam."

dibaca tiga kali, setelah sholat ashar di hari ke 29 atau hari ke 30 bulan dzul hijjah.

Artinya : 
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemjurah lagi Maha Penyayang.

Segala Puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam.
Dan Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, beserta para keluarga dan sahabatnya.

Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selam tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu,sedang kami belum bertaubat,padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu),yang sesungguhnya engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya,dan engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat.

Karena itu, ya Allah saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampuna kepda saya dengan kemurahan-Mu.

Segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala,saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan, semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapaan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah.

Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya, aamiin yaa rabbal'alamin.

Doa Awal Tahun:
"Bismillahir Rahmaanir Rahiim.
Washalallaahu 'alaa sayyidinaa wamaulaanaa Muhammadiw wa'alaa aalihii washahbihii wasallam.

Allahumma antal abadiyyul qadiimul awwalu wa'alaa fadhlikal 'azhiimi wajuudikal mu'awwali wahadzaa 'aamun jahiidun qad aqbala nas'alukal 'ishmata fiihi minasy syaithaani wa auliyaa-ihii wajunuudihii wal 'auna 'alaa haadzihin  nafsil ammarati bis suu-i wal isytighaala bimaa yuqarribunii ilaika zulfa yaa dzal jalaali wal ikraami, yaa arhamar raahimiin.

Washalallahu 'alaa sayyidinna wamaulaanaa muhammadiw wa'alaa aalihii wa-ash-haabihii wasallama, aamiin.

Dianjurkan dibaca tiga kali setelah sholat maghrib pada tanggal satu bulan Muharram. 


Artinya :
Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.


Ya Allah, Engkau Yang Maha Kekal, Maha Terdahulu lagi Maha Awal,dan berkat kurahan-Mu yang besar serta karunia-Mu yang menjadi sumber (semuanya terjadi). Dan kini tahun baru telah tiba, pada tahun ini kami memohon kepada-Mu agar terpelihara dari godaan setan, para pendukungnya dan bala tentaranya, dan kami memohon agar terpelihara dari hawa nafsu kami yang selalu memerintahkan berbuat keburukan. Dan kami memohon semoga menjadikan diri kami disibukkan dengan hal-hal  yang mendekatkan kepada Engkau  dengan sedekat-dekatnya, wahai Tuhan Yang memiliki kebesaran dan kemuliaan, wahai Tuhan Yang Maha Penyayang diantara para penyayang.

Dan semoga Allah melimpahkan rahmatdan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya, aamiin.

Semoga harapan dan doa yang telah kita panjatkan di akhir tahun bulan dzulhijah dan doa awal tahun bulan Muharram menjadikan kita pribadi yang lebih baik, menjadikan kita terus introspeksi diri.

Posting Komentar untuk "Selamat Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah, Baca doa dan Introspeksi "